Computer Supported Cooperative Work (CSCW) adalah bidang
studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk
mendukung proses sosial kerja, dikarenakan mitra yang berjauhan. Istilah
Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene
Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri
oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan
pekerjaan mereka. Dimana saat itu CSCW mengangkat isu seputar bagaimana
aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat didukung
teknologi komputer. Kemudian beberapa orang berpendapat CSCW sama dengan
Groupware. Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja yang
terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka.
Mungkin salah satu contohnya penerapan CSCW pada bidang
pendidikan yaitu dimana para siswa melakukan kelas virtual dan saat itu sedang
mengerjakan ulangan harian dimana para siswanya saat melakukannya tidak
benar-benar berada di kelas tetapi bisa dimana saja yang memungkinkan siswa
tersebut untuk bisa terhubung pada suatu jaringan. Contoh lainnya yaitu
fasilitas chating dimana seseorang bisa berdiskusi melalui antarmuka teks tanpa
harus bertatap muka secara langsung.
Contoh
Kasus
Contoh yang digunakan pada CSCW adalah
• Kaloborasi para Ilmuwan yang bekerja sama
pada suatu proyek
• Pengarang mengedit suatu dokumen
bersama-sama
• Programmer suatu sistem secara bersamaan
• Bekerja sama sebagai sharing atas suatu
video bersama yang conferencing aplikasi
• Para pembeli dan para penjual melakukan
transaksi secara eBay
CSCW lebih berorientasi kepada evaluasi
terhadap hal-hal yang terjadi dalam proses interaksi antar manusia dalam
sekelompok pengguna. Interaksi tersebut antara lain:
A. Komunikasi yang normal antar manusia
1. Komunikasi face-to-face
Pada
komunikasi face to face Tidak hanya meliputi bicara dan pendengaran, tapi juga
menggunakan bahasa tubuh dan tatapan mata.
• Personal Space
• Kontak dan tatapan mata
• Gerak isyarat dan bahasa tubuh
• Back channel
• Turn-taking
2. Percakapan
Terdapat dua prinsip ucapan antara lain:
• relevan artinya bahwa suatu ucapan harus
sesuai dengan topik tertentu
• helpful artinya suatu ucapan harus dapat
dimengerti oleh pendengar dan tidak ada ambigu dari pemahaman pendengar
B. Komunikasi berbasis teks
Ada 4 tipe komunikasi tekstual dalam
groupware:
• discrete; pesan langsung seperti dalam
email
• linear; pesan partisipan ditambahkan pada
akhir dari catatan tunggal
• non-linear; saat pesan dihubungkan ke
yang lainnya dalam model hypertext
• spatial; dimana pesan diatur dalam
permukaan dua dimensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar